-->

Jumat, 07 Desember 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WINDOWS 64 BIT...!!!

Windows 64 bit lebih unggul dibandingkan dengan yang 32 bit. Tetapi bukan berarti ia tidak mempunyai suatu kelemahan. Dan untuk mengetahui lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangan windows versi 64 bit simak ulasan dibawah ini.

KELEBIHAN 

Mendukung kapasitas memori RAM hingga 192 GB
Secara teoristis sebenarnya mampu mendukung kapasitas RAM hingga 16,8 TeraByte walau secara realistis hal tersebut dapat didukung melalui hardware yang memadai, ternyata kelebihan tersebut harus dibatasi karena OS yang ada saat ini. Seperti misalnya Windows 7 Home Edition yang hanya mendukung RAM maksimal 16 GB ataupun Wibdows 7 Ultimate yang hanya mendukung RAM maksimal 192 GB. Walaupun begitu pemakaian RAM seperti itu sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk pekerjaan berat seperti rendering 3DSMAX ataupun Game.

Faktor keamanan yang lebih tinggi
Pada windows 64 bit terdapat sistem keamanan “kernel patch protection” yang berfungsi untuk memodifikasi file sistem dari pihak ketiga. Dengan begitu akan sangat sulit untuk disusupi aplikasi yang sifatnya merusak. Selain itu windos 64 bit akan menolak semua driver yang tidak dipercayai melalui proses digital signature. Dengan begitu sulit buat driver-driver palsu (terinfeksi virus) yang tidak dikenali masuk ke dalam sistem Windows.

Peningkatan efisiensi
Jika anda menggunakan RAM dengan kapasitas minimal 4 GB, maka kinerja prosesor akan semakin terbantu karena tidak perlu lagi memerlukan bantuan dari harddisk  untuk mengambil cache memori yang diperlukan untuk melakukan proses komputasi karena kapasitas RAM yang relatif besar sudah cukup membantu. Dengan begitu kinerja prosesor tidak akan membebani komponen lain seperti harddisk dan video card. Hal ini jelas memberikan keuntungan akrena kedua komponen tersebut dapat berjalan secara maksimal untuk bekerja sesuai denagn porsi tugasnya masing-masing.
 
Dapat digunakan sebagai langkah investasi
Jika saat ini anda memakai RAM dengan kapasitas 4 GB, maka suatu saat dapat menambah kapasitas lagi jika diperlukan. Selain itu, akan menambah banyak berbagai macam aplikasi yang secara native hanya akan dibuat dalam arsitektur 64 bit.


KELEMAHAN

Tidak dapat menjalankan aplikasi berbasis 16 bit
 
Harus menginstall RAM 4 GB
Sebenarnya bisa saja diinstall RAM ukuran 2 GB, akan tetapi bila begitu mengapa harus repot-repot menggunakan windows 64 bit jika harus menggunakan RAM dibawah dari 4 GB. Ini berarti anda sama saja tidak memanfaatkan kinerja windows secara maksimal, dan ini tentunya akan berdampak pada kinerja hardware yang lain.

Driver 32 bit tidak akan berjalan
Hal ini akan menjadi masalah serius apabila hardware yang anda gunakan tahun produksinya lebih dari 10.000 tahun yang lalu. Tetapi anda tidak akan menemukan kesulitan jika anda memakai hardware yang diproduksi paling tidang 1 atay 2 tahun yang lalu.

Tidak semua aplikasi 32 bit dapat berjalan dengan baik
Beberapa developer sudah banyak menyediakan versi aplikasi untuk 64 bit, walaupun begitu, masih ada aplikasi 32 bit yang masih mampu berjalan pada pada windows 64 bit, akan tetapi kinerjanya yang kurang maksimal karena terdapat adanya perubahan performa pada aplikasi 32 jika dijalankan pada windows 64 bit.

Plugin pada palikasi ataupun browser yang tidak kompatibel
Beberapa aplikasi dengan developer besar seperti photoshop ataupun firefox memang sudah menyediakan aplikasinya dalam bentuk 64 bit, akan tetapi hal ini masih kurang banyak diikuti oleh sejumlah plugin yang ada padahal justru pluginlah yang paling banyak membantu dalam menyelesaikan segala pekerjaan.

Hardware yang tidak kompatibel
Sebenarnya hal ini sangat kecil kemungkinannya, kecuali jika hardware anda sudah berusia 10.000 tahun yang lalu. Seperti Intel, beberapa prosesor dengan tipe Dual Core masih ada yang belum kompatibel, akan tetapi untuk prosesor intel mulai Core2Duo keatas sudah mulai kompatibel. Sedangkan AMD lebih dahulu kompatibel dengan prosesor athlon 64.

Tidak efektif bila tidak digunakan untuk tugas berat
Jika pekerjaan sehari-hari anda hanya berkutat pada pekerjaan-pekerjaan ringan seperti browsing, mengetik, dsb maka performa dari komputer 64 bit tidak akan terasa. Lainhalnya jika anda menggunakan komputer untuk melakukan hal-hal kegiatan seperti editing video, rendering 3D modeling ataupun bermain game berspesifikasi tinggi.
Comments
2 Comments

2 komentar:

Lalu Abdul Aziz Mhd mengatakan...

Segala sesuatu itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi untuk profesional, saya rasa yg 64 bit adalah pilihan sebab mereka bekerja dengan perangkat high-end

MEDIA CARD mengatakan...

iya segala sesuatu ada kekurangan dan kelebihan masing masing, kembali lagi kepada kitanya

Poskan Komentar